MALL TATURA

Minggu, 29 Maret 2009

5 bulan setelah acara Topping Off berlalu atau tepat tanggal 1 September 2006 Mall Tatura resmi beroperasi. Grand opening Mall Tatura ini disambut dengan sukacita para penggagas, pemilik dan pelaku di lapangan. Betapa tidak, proyek yang awalnya dibangun dengan modal tekad dan sedikit nekat, diluar dugaan dapat terealisasi dengan baik. Kehadiran Mall Tatura juga disambut gegap gempita masyarakat. Apresiasi itu dapat dilihat dari menyemutnya masyarakat di luar dan di dalam area Mall Tatura pada hari pelaksanaan grand opening. Kendaraan, baik roda dua maupun empat, berjejal dipintu masuk utama.

Gubernur Sulawesi Tengah, H.B. Paliudju, yang meresmikan kemunculan Mall Tatura pada grand opening tersebut, tidak dapat menyembunyikan raut kegembiraannya saat memencet tombol sirene penanda dimulainya operasional Mall Tatura. Dapatlah dipersepsikan raut kegembiraan itu merupakan keharuan dan kebanggaan atas berdirinya Mall Tatura. Kegembiraan juga menyelimuti para undangan yang hadir. Diantara mereka adalah Walikota Palu Rusdi Mastura, Ketua DPRD Kota Palu A. Mulhanan Tombolotutu, Bupati Parigi-Moutong Longky Janggola, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sulteng Helmy D. Yambas, Direktur Utama dan Komisaris Utama PT. Citra Nuansa Elok (Own Building Mall Tatura) Hidayat dan Supratman, Direktur Utama PT. Ramayana Lestari Sentosa, Tbk. Agus Makmur serta undangan lainnya.

BEBERAPA FASILITAS YANG DIMILIKI:

SECURITY

Komplek Mal Tatura adalah pusat bisnis terpadu yang menggabungkan antara Mal dan Ruko. sehubungan dengan keberadaan Ruko tersebut konsekuensinya adalah aktifitas 1 x 24 jam, untuk itu manajemen mal Tatura telah mempersiapkan tim keamanan 1 x 24 jam pula dan sejak mulai beroperasional mal Tatura, tim keamanan dikelola oleh PT. Cakra Satya Internusa yang telah berpengalaman dalam mengelola Security System di mal, perkantoran, apartemen dan lain-lain. Jumlah Tim keamanan PT. CSI di Mal Tatura berjumlah 48 orang yang dibagi dalam 3 shift tugas.

Selain tim keamanan mal Tatura yang dikelola PT. CSI, manajemen mal juga melibatkan tokoh masyarakat dalam upaya memperkuat keamanan wilayah sekitar mal, juga telah melakukan kerjasama dengan aparat terkait seperti Koramil, polsek, batalyon dalam upaya pembinaan dan pengawasan keamanan.

Dalam mengelola keamanan dan ketertiban tersebut, manajemen mal telah berhasil mendapat piala dan penghargaan dari Kapolda Sulawesi Tengah, atas keberhasilan dalam mengelola keamanan swakarsa di wilayahnya.


PARKING AREA

Komplek mal Tatura memiliki kapasitas parkir kendaraan sebanyak 800 unit motor dan 275 unit mobil, terdiri dari satu basement digunakan untuk mobil dan kendaraan karyawan dan area parkir lainnya di sekeliling Komplek Mal. Pengelolaan parkir mal menggunakan system computerisasi di bawah bendera PT. Surya Utama Nusaparka (Sun Parking) merupakan perusahaan nasional terbesar yang mengelola perparkiran di Indonesia, saat ini Sun Parking menempatkan 24 personilnya dengan beberapa pos kendaraan terdiri dari 4 pos pintu masuk yaitu 2 pos masuk motor dan 2 pos masuk mobil, sementara pos keluar menggunakan 3 pos terdiri dari 1 pos mobil dan 2 pos motor. Saat ini tarif parkir diberlakukan secara flat yaitu untuk Mobil Rp 1.500 dan untuk motor Rp 1.000. Rata-rata prosentase kendaraan motor dan mobil setiap hari adalah 65% : 35%

CLEANING SERVICE

Pada awal pembukaan sampai dengan tanggal 31 Agustus 2007 perusahaan outsourching yang mengelola kebersihan Mal Tatura adalah PT. Rizchtezindo, merupakan perusahaan yang mengelola beberapa Mal di Makasar, namun setelah kontrak berakhir pengelolaan Cleaning service di kelola oleh PT. Karyndo Jaya, yang merupakan perusahaan pertama di Sulawesi tengah yang bergerak dibidang pengelolaan Cleaning Service, adapaun lingkup pengelolaan nya adalah seluruh kebersihan indoor dan outdoor komplek mal Tatura, termasuk dalam pengelolaannya adalah Gardener dan Landscafe Mal Tatura. Personil Cleaning Service yang ditugaskan oleh PT. Karyindo Jaya di Mal Tatura seluruhnya berjumlah 34 orang.

LISTRIK

Sampai saat ini operasional listrik Mal dijalankan oleh 2 mesin genset dengan kapasitas masing-masing 1350 KVA menggunakan Caterpillar Serial Number 3512B dan 695 KVA menggunakan MAN. Sementara penyambungan PLN belum dapat terpenuhi sehubungan keterbatasan daya dan baru dapat direalisasikan pada sekitar bulan April 2008.

ESCALATOR

Untuk menghubungkan tiap lantai di area Mal Tatura dapat menggunakan dua akses escalator, terdiri dari escalator naik-turun disekitar void atrium berjumlah 6 unit dengan merek Giant KONE / Code G3001001 (B) dan escalator naik-turun di area tenant (Ramayana Dept. Store) berjumlah 4 unit dengan merk Hyunday.

ELEVATOR

Elevator / Lift yang digunakan adalah merek Giant KONE / Code G29011 (D), berjumlah 2 unit.

EXHIBITION AREA

Lokasi exhibition area yang terletak di lantai dasar yang merupakan center point Mal Tatura, menjadi bagian tersendiri yang telah dimanfaatkan oleh beberapa produsen elektronik, furniture, automotive, finance, real estate, cosmetic dan lain-lain untuk mempromosikan maupun sekedar melakukan lounching produknya. Lokasi strategis yang terletak di void Mal tersebut luasnya 256 m2 dengan ukuran 16m x 16m, telah mengangkat nilai harga pakai area perhari sebesar Rp 3.700.000.

Di sela waktu kosongnya exhibition area ini jug dijadikan tempat untuk melakukan kegiatan-kegiatan pertunjukan artis dan lomba-lomba yang dikelola oleh Tim Promosi Mal Tatura.

Selain lokasi tersebut beberapa kegiatan pertunjukan artis dan lomba-lomba juga telah dilaksanakan di exhibition area 2 di lantai 3 disekitar HP Center dan Food Court seluas luas 192 m2 dengan ukuran 16m x 12m

Adapun acara jumpa fans FIVE MINUTES di mall tatura.




Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

1 komentar:

  1. Abd. Malik L mengatakan...:

    Sekedar info, bisakah di tinjau kembali SUN GOLD lantai 3 mall tatura palu

Posting Komentar