Jalan-Jalan ke Pusat Laut

Jumat, 25 Februari 2011

Tepatnya di hari Minggu, 13 Februari 2011 saya dan teman-teman juga senior di math of science, tadulako university pergi melakukan perjalanan sebagai pelepas penat, tujuan jalan-jalan kita kali ini yaitu ke tempat Wisata Pusat Laut.


Pusat laut sebuah kawasan wisata di bagian Banawa tengah, 12 kilometer arah selatan kota Donggala, akses munuju lokasi ini biasa dicapai dari desa Limboro, Ibukota Kecamatan Banawa Tengah.

Tanpa menunggu lama, saya bersama teman-teman lainnya langsung bergegas menuju kota Donggala dengan mengendarai sepeda motor. Sesampainya di Donggala sekitar pukul 11.50 WITA kita menyempatkan berkunjung kerumah salah satu senior, dan sempat menunaikan ibadah sholat dzuhur terlebih dahulu. Setelah itu saya dan yang lain langsung menuju ke tempat tujuan wisata Pusat Laut. Pusat Laut dalam bahasa lokal daerah setempat disebut pusentasi. Untuk masuk kedalam daerah wisata, kita perlu melewati 2km perjalanan lagi dari papan selamat datang di depan jalan raya, tempat ini benar-benar memiliki banyak keunikan, dalam perjalanan masuk kita bisa melihat keindahan kota Donggala di bagian kiri bawah, keindahan yang sungguh tidak bisa diungkapkan, pemandangan yang indah ini anehnya terletak jauh dibawah tempat kita berjalan, otomatis laut diatas gunung. Luar biasa bukan??? ... heheee


Akhirnya kita sampai juga di tempat tujuan, ternyata Pusat Laut ini lebih merupakan sebuah sumur alami berukuran raksasa, berisi air asin, tepat di bibir pantai, sumur berdiameter kurang lebih 7 meter ini oleh warga setempat dinamai pusat laut, entah karena model sumur yang menyerupai pusat, namun mungkin pula dikarenakan cerita bahwa dahulunya, apapun yang jatuh ke dalam lubang ini, akan ditemukan disebuah pulau pasir (pasi bai) di lepas dipantai, keunikan lainnya air dalam sumur ini akan pasang bila air laut surut demikian pula sebaliknya, airnya akan keruh meskipun banyak yang berenang didalamnya, namun hingga saat ini tak ada satu cerita pasti asal usul penamaan ini.


Tak hanya sumur ini yang memiliki daya tarik dari Pusat Laut ini, tetapi pemandangan lautnya yang juga sangat indah, setelah puas menikmati keindahan sumur raksasa ini, dan juga merasakan berenang di kedalamnya, kita langsung bergegas menuju jembatan yang sekarang ini para pengunjung lebih tertarik menggunakannya sebagai tempat foto dan mengabadikan kedatangan mereka ke Pusat Laut, contohnya kami semua .... Lihat saja pose ini... heheee..


Di Pusat Laut ini juga dilengkapi cottage, jadi bagi yang ingin menginap dan menikmati suasana laut untuk beberapa hari bisa menginap di cottage ini dengan biaya yang relatif murah. Selain itu kita bisa bermain dan menikmati lembutnya pasir putih yang ada disini. Sungguh beda dengan pasir pada umumnya.


Apalagi perjalanan kali ini ditambah keramaian kami semua dengan aksi foto, selain itu di Pusat Laut ini terdapat lumayan banyak batu karang yang sangat besar, bahkan ada beberapa yang lebih mirip gua, karena terkikis air laut selama bertahun-tahun lamannya. Tentu saja kesempatan kali ini kami gunakan untuk ajang foto bareng...hehehhh.

Ditambah lagi aksi nekat beberapa teman saya yang berani turun dari ketinggian ± 4meter dengan hanya menggunakan tanpa tali sekalipun....

Hemm,, perjalanan hari ini sampai disini dulu... bye,,bye,,



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

0 komentar:

Posting Komentar